Pas Aja Dah ^_^

Oleh: Bamz Dekomposer


Hehe, waktu itu sebenarnya di kelas iseng aja nunjukin QS. An-Nur: 31 ke guru fiqih yang ngajar gua waktu MTs dulu. Tau apa reaksi ibu itu? Hehe, alhamdulillah beliau tersipu malu en nurunin kain kerudungnya supaya panjangnya sampai ke dada.

Kayaknya banyak kejadian meski kagak serupa dialami oleh kaum muslimin, yang sebenarnya mereka udah pelajari (cie2, pelajari?? rajin amir ^_^), atau udah tau hukumnya namun ndak diamalkan.

Ini kagak sembarang nuduh lho, coba liat aja di luar sana : masih banyak anak-anak yang kelaparan, dan kekurangan gizi akibat diterapkannya ideologi kapitalisme (kok kesini ya? :-D).

Kita semua udah pada tau dalam Islam itu yang namanya solat itu kudu dikerjain? Faktanya, masih banyak nich yang pada kagak solat: padahal tau teorinya kalo solat itu wajib.

Nich, buat yang cewek-cewek nich. Alhamdulillah 80% ibu-ibu menutup aurat (ketika kondangan ^_^), dan berita yang menggembirakan datang dari para remaja cewek dan para ibu muslimah Indonesia, alhamdulillah 100% menutup aurat ; Ketika sholat ^_^

Padahal ketika ditanya ke cewek-cewek hukum seputar menutup aurat, meski baru secara global mereka tau itu wajib-wajib sangat. Tapi, ketika ditanya kenapa belum menutup aurat? Mau jilbabi hati dulu, sekarang: gimana ntu cara masang jilbab hati? Atau jawabnya: Belum siap sekarang. Kalo matinya 1 jam lagi piye? Ada juga yang jawab: Nanti, kalo udah nikah. Kalo perawan tua, gimana?

Hehe, bukan hanya soal jilbab dan solat je. Masih banyak-banyak sangat pelanggaran terhadap hukum syara' yang lain. Dari yang kecil hingga yang gede J, padahal sudah tau hukumnya apa L.

Kejadian-kejadian itu bisa terjadi dikarenakan banyak faktor. Diantara faktornya adalah saat ini kaum muslimin tidak lagi menjadikan 'ilmu lil 'amal (ilmu sebagai amal). Jadi, bukan jaminan jika nilai mata pelajaran or mata kuliah pendidikan agama kita dapet A maka kita menjadi sosok pribadi yang islami. Ya, bisa dikatakan saat ini kita semua nich menjadikan islam hanya sebatas teori aja.

Ya, ketika islam hanya dijadikan sebatas teori aja, ya gitu dah?? Islam sebagai rahmatan lil 'alamin (rahmat semesta alam) tak akan pernah terwujud. Kagak percaya? Liat aja sekarang J

Kalo kita liat sejarahnya generasi pertama ummat islam mantep tuch. Mereka ndak menjadikan islam sebagai teori tok, tapi juga mengamalkannya langsung.

Asal tau nich, ya. Ketika QS. An-Nur: 31 (perintah tentang wajibnya memakai kerudung bagi muslimah) turun, para muslimah saat itu GPL (Ga Pake Lama) buat memakai kerudung. Mereka menjadikan apa saja yang bisa dijadikan kerudung untuk memenuhi titah dari Allah SWT.

Banyak contoh lain juga tuch yang dicontohin para sahabat, bahkan diriwiyatkan ketika ayat tentang Haramnya Khomr (minuman yang dapat memabukkan) turun, tau kagak apa yang terjadi? Kota Mekah saat itu dibanjiri Khomr, coz para sahabat langsung membuang khomr-khomrnya. Keren kan? Para sahabat GPL dalam menjalankan Syariah.

Mau tau banyak contoh lain?? Mangkanya, mengkaji Islam dung!

Kok bisa ya para sahabat GPL dalam menjalankan titah dari Allah SWT? Ya, bisalah. Wong, para sahabat dahulu berislam karena bukan ikut-ikutan. Karena mereka memahami dalam perkara Aqidah tidak diperkenankan buat taqlid (ikut-ikutan). Berbeda dengan kebanyakan ummat Islam saat ini, ketika ditanya kenapa kamu beragama Islam? Karena ortu, nenek, buyut, nenek buyut, nenek buyutnya nenek gua Islam: GUBRAk! Hehe, mau tau gimana caranya agar islamnya ndak ikut-ikutan?? Jawabnya: Halaqoh (mengkaji islam) dung!

Kita pun yang sebenarnya bisa seperti para sahabat terdahulu, asalkan kita menjadikan Tsaqofah Islam yang kita miliki sebagai 'ilmu lil 'amal (ilmu untuk diamalkan). Nah, tantangan ummat islam adalah Tsaqofah Islam saat ini tidak lagi dijadikan sebagai amal, tapi sebatas teori-teori saja tanpa mengaplikasikannya. Apalagi, saat ini negara kita bukan berbentuk Khilafah (Sistem Pemerintahan yang Islami) sehingga Islam sebagai amal tidak bisa diaplikasikan ke tengah-tengah masyarakat, dan akibatnya Islam Rahmatan lil 'alamin tidak terwujud.

Yang sebenarnya dalam menjalankan islam ini yang terpenting adalah PAS.

Apa itu PAS?

P = Pahami

A = Amalkan

S = Sebarkan

Ketika ummat Islam Paham akan Islam, next mengamalkan Islam, next menyebarkan Islam. Maka, Islam Rahmatan lil 'alamin akan benar-benar terwujud.

Tapi, nich untuk point A dan S: Amalkan dan Sebarkan, tak cukup jika hanya dijalankan oleh individu saja. Tapi, juga dibutuhkan peran negara. Sebagai contoh, haramnya riba tak akan pernah terwujud jika negaranya tak mengeluarkan aturan yang mengharamkan riba. Dan kota Roma yang dijanjikan Rosul akan ditaklukkan (untuk menyebarkan dakwah islam), 'ga akan pernah tertakluk jika negara kagak mau menaklukkannya. Tapi, bukan sembarang negara yang bisa menjalankan ini. Negara itu tak lain, dan tak bukan adalah negara Khilafah (negara yang 100% akan menerapkan Syariah).

Nyok, sama-sama kita mendakwahkan pentingnya Khilafah. Biar Ummat Islam semakin banyak yang sadar akan pentingnya Khilafah, sehingga rumus PAS (Pahami, Amalkan, Sebarkan) bisa dipakai semua ummat Islam, dan Islam Rahmatan lil 'alamin akan benar-benar terwujud.

Wallahu a'lam bish Showab..!

Kandank Bujank, Januari 2013

Comments

Popular Posts